Skip to main content

Posts

Ketika kamu gak bisa ndiemin bayi dan si bayi dibilangin bahwa ibu jahat. Ketika kamu ga main hape terus tiba tiba doski dateng, ngomong gw asinya ga keluar bla bla, terus gw buka hape karena udah mau nangis kemudian lu dibilang main hape mulu kagak mau ngajak ngobrol. Ingin ku misuh tapi...
Recent posts

First timer breastfeeding!

Hari pertama ASI masih dikit banget, aku coba marmet/perah pakai tangan hasilnya cuma seujung sendok dan itu berlangsung 3 hari. Selama tiga hari itu, aku sedih ngerasa ga bisa kasih yang terbaik buat dia, takut dia kelaperan, takut dia dehidrasi, apalagi waktu itu sempet kuning. Tapi aku tau sih, secara indikator frekuensi BAKnya masih normal (ga dehidrasi), dan kuningnya emang fisiologis/normal terjadi di newborn hari kedua-keempatbelas. Saking frustasinya, sempet mau sufor atau mau cari donor ASI. Ibu juga bilang, dulu waktu aku kecil, kalo ASI ga cukup ya pake sufor. Alhamdulillahnya ibu bukan tipe yang maksa maksa, dan beliau tau sebagai dokter aku tau ilmunya. Jadi beliau cuma kasih saran saran aja, tapi diulang ulang 😂 (Tapi aku seneng banget bahwa ibuku sangat considerate, ga memaksa dan percaya sama aku. Karena banyak drama yang bilang omongan orang orang habis melahirkan tuh bikin stres). Di saat galau galau nangis, suami alhamdulillah tetep nguatin. Sejak hamil aku dah kas…

7 Februari 2018

Hari itu, tidak ada bangun pukul 00.00 dan lilin. Ya seperti biasanya. Seperti dulu. Hari itu, pukul 04.00, aku terbangun di sebelahmu. Mengecup kecil keningmu dan mengucapkan selamat ulang tahun. Biasa biasa, tidak ada yang berbeda. Oiya, ada yang berbeda. Aku masak spageti hari itu, untuk merayakannya. Tapi apalah apalah, spagetipun instan dan keasinan.

Ada yang bilang, bahwa surprise itu harus tetap ada. Bahwa honeymoon adalah hal wajib. Tapi buatku, aku belum perlu itu. Di kasur kita yang kurang empuk ini pun, aku sudah senang asalkan ada kamu di sebelahku! Hihi. Di hari ulang tahun, cukuplah doa doa tulusmu buatku yang aku tau, yang bahkan tidak di 1 november pun, di setiap sholatmu selalu ada namaku. Aku tidak tau sampai kapan hal ini akan nyaman untuk kita, perayaan hari lahir yang sepi.

Mungkin nanti ya, ketika kita sudah bosan dengan semua rutinitas kita. Kita membutuhkan sedikit kejutan kejutan kecil di sana sini. Tapi belum sekarang, ketika bisa hidup satu hari denganmu saja …

Childhood memories

Kangen gak sih, libur libur, hujan, baca novel di sebelah jendela di rumah simbah. Sambil minum minum teh dan pake selimut biru garis-garis. Kena angin sribit sribit manja.

Jaman dulu tuh, kerjaannya begitu kalo ujan. Liatin ujan dari jendela, soalnya sering mati lampu. Jadi ga bisa nonton tipi kan ya. Main hape isinya cuma sms. Mau ngapain lagi?

Terus nanti kalo udah ujannya udah berhenti, keluar main air setinggi mata kaki. Ga takut leptospira karena di desa tikus hidupnya di gudang tempat padi, ga ada got. Walaupun habis itu tetep gatel gatel dong.

Kalo intensitas hujannya lagi tinggi, nanti sawah sawah udah ga keliatan batasnya. Semua udah jadi air. Pernah waktu banjir dulu, kami naik perahu dari pohon pisang disusun dan ditali jadi satu. Ga takut ular karena ga pernah mikir hahaha. Seru banget ga pernah lupa sampe sekarang.

Terus waktu musim kemarau, kita main ke sawah. Cari rumput rumputan buat masak masakan, atau cari biji biji kacang ijo. Jalan jalan aja gitu di sawah sampe item.

T…

Caution : it will be cheesy

Udah hampir setahun, dan saya sering banget nyesel sebagai istrinya. Karena saya ga pernah bisa bales kesabarannya ngadepin saya yang kalo marah-marah bisa tidak terkontrol, ga bisa nungguin dia tidur sambil puk-pukin karena saya selalu yang tidur duluan, ga bisa gantiin dia bolak balik salatiga-jogja spt dia anter saya jogja-wates bolak balik 4 kali sehari. Saya yang lebih sering males malesan, dan dia yang lebih rajin beres beres rumah, padahal saya tau dia juga capek. Yang nyiapin semuanya kalo saya mau berangkat kerja. Dan kamu selalu bilang, "semua suami pasti bakal lakuin ini". Di hati tuh rasanya nyesek banget kalo inget semua hal hal yang belum bisa saya berikan.

Halo suami, mungkin dosaku udah setumpuk ya blm bisa jadi istri yang selalu ada dan menuhin semua kebutuhan kamu, yang masih sering nolak kalo dimintain tolong ambilin sesuatu, yang masih sering marah marah, jarang ngechat kalo lagi jaga, sampe kamu kangen ya? Aku kira nikah dan hidup sama kamu akan jadi sepe…

Suami

Tadi pagi saya marah-marah, cuma karena saya pingin sarapan bareng. Padahal kan tinggal bilang ya, emang sedrama itu sih hidup saya lol. (mau bikin alesan on my period tapi kok super excuse ya).

Saya pun duduk di pojok tempat tidur, menangis (cuma karena pengen dibeliin sarapan et causa laper). Rasanya tadi pagi seperti "kenapa sih kamu ga ngerti aku cuma pengen makan?". Then dia mendekat, memeluk saya sambil bertanya halus sekali, "sayang maunya apa..?". Lalu saya bilang, kemudian dia beli makan, dan masalah selesei (permasalahan pernikahan banget ye kan hahahahah).
Ini terjadi berulang kali, tapi suami saya masih selalu sabar. Ada ya orang sesabar dia? Yang masih akan ngelus elus kepala saya sambil ngeliatin saya makan dan bilang "kamu cantik banget" meskipun baru aja lempar lempar bantal. Setiap hari rasanya nyesek di hati saya, ketika saya inget betapa saya belum bisa melaksanakan kewajiban saya sebagai istri. Sambil bertanya tanya, apa dia bahagia jadi…