Wednesday, July 11, 2012

from world health to my health


Tadi siang saya dapet lecturer dari Washington.  Dari awal hingga akhir isi lecture beliau adalah public health, lebih tepatnya world health. Beberapa poin yang saya tangkap adalah:

Ternyata income, education level, GDP suatu negara sangat berefek besar sekali. sampai bisa menurunkan life expectancy hingga sekitar 30-40 tahun. Oke, ini sangat berefek
Keadaan negara sangat bisa berubah seiring berubahnya waktu. Tahun 1944 life expectancy South Korea sekitar 45 tahun dan tahun 2007 meningkat jadi 75 tahun. Dulu, South Korea masih negara dengan low income. but now? who do have no idea about SNSD? mereka jadi negara dengan high income.

Di akhir, beliau sempet menyinggung masalah chronic disease yang sedang berkembang sekarang. Kemudian, berlanjut ke hal yang sensitif. Mie! Dalam satu hari, maksimal konsumsi sodium/garam adalah 2300 mg. Sedangkan dalam mie, ada 1500 mg sodium. Belum lagi makan pagi kita, makan siang kita. Semua pasti sudah mengandung banyak sodium karena khas makanan Indonesia yang salty.
Efeknya memang belum bisa kita rasakan sekarang. Tapi nanti seiring kita bertambah tua, faktor risiko kita untuk menderita hypertension sangat tinggi. Sedangkan hipertensi sangat bisa menyebabkan penyakit lain, contohnya stroke, cardiac/jantung. Selain itu, bisa juga menyebabkan osteoporosis dan batu ginjal. 


sedih karena selama ini menutup telinga walupun udah tau macem-macem bahayanya. terutama setelah jadi anak kos. Nggak makan mie seminggu sekali aja kaya udah gatel-gatel deh. Karena, Mie itu enak banget parah!

Щ(ºДºщ)

No comments:

Post a Comment

Perjalanan #1